• Top Posts

  • Archives

  • Loopy loop

    take the benefits, left the meaningless

Diabetes Melitus (DM)

Seperti mesin, tubuh memerlukan bahan bakar berupa energi untuk hidup. Energi ini didapat dari makanan berupa karbohidrat, protein dan lemak yang kemudian dipecah menjadi glukosa, asam amino dan asam lemak. Supaya dapat berfungsi sebagai bahan baker, zat makanan ersebut harus masuk ke dalam sel. Di dalam sel, zat makanan terutama glukosa dibakar melalui proses kimia yang rumit. Proses ini disebut dengan metabolisme, dimana insulin memegang peranan yang sangat penting.

 

Insulin, suatu hormon yang dihasilkan oleh pankreas, dapat diibaratkan sebagai anak kunci yang membuka pintu masuknya glukosa ke dalam sel. Bila insulin tidak ada, maka glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel melainkan tetap berada di dalam pembuluh darah, sehingga kadarnya dalam darah meninggi. Dalam keadaan ini, badan akan menjadi lemas karena kurangnya sumber energi di dalam sel. Inilah yang terjadi pada DM jenis DMTI (Diabetes Melitus Tergantung Insulin).

 

Pada keadaan lain, yaitu pada DM jenis DMTTI (Diabetes Melitus Tidak Tergantung Insulin), jumlah insulin normal atau meninggi, tetapi jumlah reseptor yang terdapat pada permukaan sel kurang. Reseptor insulin ini dapat diibaratkan sebagai lubang kunci pintu masuk ke dalam sel. Meskipun anak kunci (insulin) banyak, tetapi karena jumlah lubang kunci (reseptor insulin) nya kurang, maka glukosa tetap tidak dapat masuk ke dalam sel sehingga sel akan kekurangan bahan bakar dan glukosa di dalam pembuluh darah meninggi.

 

Baik pada DMTI maupun DMTTI, kadar glukosa darah jelas meningkat. Bila kadar itu melewati batas ambang ginjal, maka glukosa akan keluar melalui air seni. Mungkin inilah sebabnya, penyakit ini juga disebut penyakit kencing manis.

 

Apa yang mempengaruhi timbulnya DM ?

Beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain :

         keturunan

         kegemukan

         usia diatas 40 tahun

         ketegangan mental

         infeksi

         obat-obatan tertentu

         kehamilan

         alkoholisme

 

Bagaimana diagnosis ditegakkan ?

         gejala klasik adalah :

rasa haus yang berlebihan, sering kencing terutama malam hari dan berat badan menurun dengan cepat. Disamping itu kadang-kadang ada keluhan lemah, mengantuk, nyeri otot, kesemutan pada jari tangan dan kaki, cepat lapar, gatal-gatal, penglihatan kabur, gairah seks menurun, luka sukar sembuh dan ibu-ibu sering melahirkan bayi lebih dari 4 kg

         pemeriksaan kadar glukosa darah sewaktu 200 mg/dl atau lebih ditambah gejala khas diabetes

         glukosa darah puasa 140 mg/dl atau lebih pada 2 kali pemeriksaan pada saat yang berbeda

         apabila hasil pemeriksaan meragukan, dokter akan menganjurkan pemeriksaan-pemeriksaan yang lain, misalnya Tes Toleransi Glukosa (TTG).

 

Mengapa diabetes perlu ditanggulangi ?

Diabetes perlu ditanggulangi secara serius karena adanya akibat/ komplikasi yang ditimbulkannya. Komplikasi tersebut dapat mengakibatkan cacat tubuh, bahkan kematian bagi pasien yang bersangkutan. Kelainan yang didapat antara lain :

         penyakit jantung dengan segala akibatnya

         tergangunya fungsi ginjal

         gangguan pembuluh darah otak yang dapat berakibat kelumpuhan

         penglihatan menurun, kebutaan

         tekanan darah tinggi

         impotensi

         luka yang sukar sembuh

         dll

 

komplikasi yang mengerikan itu dapat dihindari apabila penyandang diabetes patuh, cermat dan rajin memeriksakan diri sehingga kadar gulanya dapat terkendali.

 

Bagaimana kita menanggulanginya ?

 diabetes-food-pyramid.jpg    624diabetes.gif

Pilar-pilar pengobatan diabetes adalah :

  1. pengaturan makan
  2. latihan dan olahraga
  3. insulin dan obat anti diabetes
  4. penyuluhan kesehatan

 

Konsultasikan pada dokter anda tentang bagaimana anda akan mengatur makan anda sesuai dengan kondisi dan aktivitas sehari-hari, seberapa berat latihan yang boleh dilakukan, bagaimana cara perawatan kaki, kapan saat yang tepat untuk minum obat, dan sebagainya.

One Response

  1. artikelnya bagus banget dan sangat bermanfaat.
    aku sedang nyari info tentang diabetes yang menyebabkan gagal ginjal…kalo ada muat ya.
    tq

    Purwati

    http://purwatiwidiastuti-wordpress.com
    http://purwati-ningyogya.blogspot.com
    http://purwatining.multiply.com

Leave a comment